Rabu, 24 November 2010 Kaliper Rem

12piston

Kaliper rem adalah tempat memasang kampas rem/brake pad, dan tempat piston rem (slave piston, sedangkan master piston ada di bagian tuas rem).


Pada beberapa brosur sepeda motor kadang dicantumkan jumlah piston yang terdapat di kaliper dengan tujuan promosi bahwa semakin banyak jumlah pistonnya maka pengereman akan semakin baik.

Perhatikan gambar berikut:
caliperbk


Sekilas nampak kedua sepeda motor memiliki jumlah piston kaliper yang sama yaitu 2 buah, kenyataannya gambar sebelah kiri satu kaliper rem sudah menggunakan 4 piston, dengan ukuran piston-piston berbeda diameter.

Bentuk rancang kaliper berdasarkan jumlah piston:
1 piston dengan menggunakan pivot point atau engsel, contoh pada sepedamotor jenis lama saat awal permulaan peralihan dari rem teromol (drum brake) ke rem cakram (disk brake), penggerak piston pun masih menggunakan kabel bukan cairan rem.
1 piston dengan pin geser atau slide pin dan menggunakan cairan rem sebagai penerus tekanan yang dilakukan pengendara di tuas rem.

Pada perkembangan berikutnya jumlah piston ditambah dengan tujuan mengimbangi bertambahnya luas bidang gesek pada kampas rem sehingga meningkatkan kemampuan pengereman, dan juga memperbaiki kerugian-kerugian dari rancang kaliper sebelumnya.

Bentuk rancang kaliper rem berdasarkan pemasangan:
Kaliper rem bergerak, jenis ini hanya mempunyai piston pada satu sisi kaliper rem saja, sehingga saat sisi piston menekan kampas rem, tekanan pada sisi kampas rem yang tidak mempunyai piston dihasilkan dari unit kaliper rem yang bergeser pada slide pin. Kekurangannya reaksi rem lebih lambat karena harus menggerakkan unit kaliper rem.

Kaliper rem diam, jenis ini mempunyai piston pada kedua sisi kaliper/kampas rem, sehingga saat piston mendorong hanya kampas rem yang bergerak menjepit cakram rem, lebih cepat reaksinya dibanding jenis kaliper rem bergerak.

Untuk jenis kaliper rem diam pun ada dua jenis pemasangan, yang pertama dengan baut pemegang sejajar dengan poros roda dan yang paling akhir adalah disebut kaliper rem dengan pemasangan radial yaitu baut pemegang kaliper rem dipasang tegak lurus dengan poros roda, tujuannya adalah memperkokoh konstruksi kaliper rem dengan material seringan mungkin.

fixcaliper
Baut pemegang sejajar poros roda

radialmount
Baut pemegang tegak lurus dengan poros roda
Digg it StumbleUpon del.icio.us
 
Copyright 2010 PalconT
Carbon 12 Blogger template by Blogger Bits. Supported by Bloggermint